MEMUPUK KEHIDUPAN ROHANI
Kehidupan kita tidak lepas dari berbagai persoalan. Namun, janganlah pernah putus asa sebab Tuhan Allah kita setia. Jika kita memperhatikan bagiamana Tuhan berelasi dengan umat-Nya, pernahkah kita menjumpai satu kalipun, bahwa Tuhan itu tidak setia? Sebaliknya, umat Tuhanlah yang banyak kali tidak setia. Lalu, apa yang perlu kita lakukan dalam perjalanan hidup kita mengiring Tuhan?

Kita harus memupuk kerohanian kita. Kedewasaan rohani akan menolong kita menjadi bijaksana dan kuat di dalam menghadapi problema kehidupan, sebab cara pandang dan emosi kita telah dibentuk oleh firman Tuhan. Bagaimana kita “memupuk kehidupan rohani”?

Kita tahu, bahwa kehidupan rohani kita diawali dari kelahiran baru yang dikerjakan oleh Allah Roh Kudus. Kita pun tahu, bahwa pertumbuhan kerohanian kita juga bergantung pula pada karya Roh Kudus; namun dalam hal ini, Roh Kudus menghendaki kita aktif untuk taat pada pimpinan dan firman Tuhan. Memupuk kehidupan rohani berarti kita mengerjakan bagian kita dalam hal disiplin rohani yang dikehendaki Allah melalui saat teduh kita dalam membaca firman-Nya. Ketika kita setia melakukannya, maka firman Tuhan akan membetuk cara pandang dan emosi kita melalui karya Roh Kudus, sehingga kita menjadi anak-anak Tuhan yang bijaksana dalam menghadapai persoalan kita. Karena itu, jika Anda ingin menang dalam persoalan hidup Anda, mulailah memupuk kehidupan rohani Anda dengan firman Tuhan dan ketaatan kita pada pimpinan Tuhan. Amin.