Bacaan hari ini: Keluaran 30:11-18
“Setiap orang yang akan termasuk orang-orang yang terdaftar itu, yang berumur dua puluh tahun ke atas, haruslah mempersembahkan persembahan khusus itu kepada Tuhan.” (Keluaran 30:14)

Sensus penduduk adalah hal wajar dilakukan oleh pemerintah untuk mengetahui jumlah dan data penduduk yang tinggal di satu daerah. Allah juga memerintahkan Musa untuk melakukan sensus kepada umat Israel. Bacaan hari ini mengatur mengenai persembahan yang harus diberikan olah umat Israel pada waktu sensus. Orang-orang yang sudah terdaftar dan berusia dua puluh tahun ke atas harus memberi persembahan khusus kepada Tuhan. Kewajiban ini berlaku untuk semua kalangan, baik orang miskin maupun orang kaya. Jumlah yang harus diberikan pun sama untuk setiap orangnya, yaitu setengah syikal.

Persembahan khusus merupakan uang pendamaian bagi nyawa umat Israel. Umat diharuskan memberi persembahan khusus itu karena mereka telah menerima keselamatan dari Tuhan atas nyawa mereka. Pemberian persembahan khusus ini mengajarkan umat bahwa hidup mereka bukan bergantung pada kekayaan, melainkan kepada Tuhan, Pemberi hidup. Tuhan telah membebaskan mereka dari perbudakan di Mesir, karena itu sudah selayaknyalah mereka memberikan persembahan khusus kepada Tuhan sebagai ungkapan syukur mereka kepada Tuhan. Kesetiaan umat memberikan persembahan khusus merupakan tanda bakti mereka kepada Tuhan. Persembahan khusus itu melambangkan bahwa umat adalah milik Tuhan, bukan milik Musa, bukan juga milik pemerintah.

Di dalam Kristus, kita telah ditebus dan harganya telah lunas dibayar oleh darah-Nya, sehingga kita menjadi anak Allah. Hidup kita sekarang adalah milik Tuhan. Oleh karena itu, kita harus mengucap syukur dengan cara mempersembahkan hidup sebagai persembahan yang hidup, yang kudus, dan yang berkenan kepada Allah. Persembahan yang kita berikan dalam ibadah kita adalah peringatan bahwa kita adalah milik Tuhan. Kita dipelihara oleh belas kasih Tuhan. Persembahan itu sesungguhnya berasal dari tangan Tuhan sendiri (1Taw. 29:14). Bila pemahaman itu sudah ada di dalam hati kita, maka mempersembahkan harta kita untuk Tuhan, bukanlah beban. Sudahkah engkau memberikan persembahan bagi Tuhan?

STUDI PRIBADI: (1) Mengapa mereka yang telah terdaftar harus memberi persembahan khusus? (2) Selain sebagai uang pendamaian, persembahan khusus digunakan untuk apa?
DOAKAN BERSAMA: Berdoalah mengucap syukur kepada Tuhan Yesus atas karya penebusan-Nya yang menyelamatkan setiap umat pilihan-Nya. Sebagai umat tebusan, kita mengerjakan keselamatan kita dengan melakukan firman-Nya.

Share Button