Bacaan hari ini: Hakim-Hakim 16:1-22
“Aku cinta kepadamu, padahal hatimu tidak tertuju kepadaku? Sekarang telah tiga kali engkau mempermain-mainkan aku dan tidak mau menceritakan kepadaku, karena apakah kekuatanmu demikian besar.” (Hakim-Hakim 16:15)

Setiap manusia mempunyai titik kuat tetapi sekaligus titik lemah dalam kehidupannya. Begitu pula dengan Simson, dia seorang yang kuat secara fisik, tenaganya mampu mencabut daun pintu gerbang kota yang sangat besar dengan tangan kosong (ay.3). Namun demikian, Simson mempunyai titik lemah dalam hal wanita. Dia mudah untuk jatuh dalam rayuan wanita. Karena itulah, raja-raja orang Filistin membuat sebuah persepakatan jahat dengan seorang wanita bernama Delila, agar membujuk Simson untuk membuka rahasia kekuatannya yang besar dan bagaimana cara untuk dapat mengikat Simson.

Awalnya Simson tidak mau membuka rahasia kekuatannya kepada Delila. Tiga kali Simson memberi tahu Delila info yang keliru tentang rahasia untuk dapat mengikatnya. Namun Delila tahu Simson membohonginya, dan ia terus-menerus merengek kepada Simson. Dalam Hakim-Hakim 16:16-17 ditulis: Lalu setelah perempuan itu berhari-hari merengek-rengek kepadanya dan terus mendesak-desak dia, ia tidak dapat lagi menahan hati, sehingga ia mau mati rasanya. Maka diceritakannyalah kepadanya segala isi hatinya, katanya: “Kepalaku tidak pernah kena pisau cukur, sebab sejak dari kandungan ibuku aku ini seorang nazir Allah. Jika kepalaku dicukur, maka kekuatanku akan lenyap dari padaku, dan aku menjadi lemah dan sama seperti orang-orang lain.” Kita tahu akhir dari cerita ini, bahwa kepala Simson dicukur dan akhirnya dia dapat ditangkap oleh orang Filistin.

Dari sini kita perlu berhati-hati terhadap titik lemah kita. Hal itu bisa dipakai oleh Iblis untuk menjatuhkan kita, bahkan membuat kita jauh dari perjalanan menggenapkan rencana Tuhan. Mari kita bersama merenung bersama, apa yang menjadi titik lemah kita? Mari kita mohon Tuhan yang tolong kita supaya kita dapat mewaspadai titik-titik lemah itu supaya jangan sampai titik-titik lemah itu akhirnya merugikan kehidupan kita dan membuat hidup kita tidak lagi memuliakan Tuhan.

STUDI PRIBADI: (1) Mengapa Simson dapat kehilangan kekuatannya? Mengapa Simson membuka rahasianya kepada Delila? (2) Bagaimana agar kita, umat Tuhan, bisa menang atas godaan-godaan yang ada di dalam dunia ini?
DOAKAN BERSAMA: Berdoalah bagi setiap jemaat Tuhan agar dimampukan oleh Tuhan untuk menghadapi segala macam godaan di dalam dunia ini, dan boleh menang dalam nama-Nya.

Share Button