Bacaan hari ini: Ulangan 17:14-20
“…maka hanyalah raja yang dipilih TUHAN, Allahmu, yang harus kauangkat atasmu.” (Ulangan 17:15a)

Allah kita adalah Allah yang Mahatahu. Sebelum bangsa Israel meminta seorang raja untuk bangsanya, Allah sudah mengetahui bahwa hal itu akan terjadi. Sebelum bangsa Israel meminta seorang raja, Allah telah terlebih dulu menetapkan persyaratan bagi seseorang yang diperkenan Allah untuk menjadi raja bagi Israel, bangsa pilihan-Nya.

Syarat raja Israel yang ditetapkan oleh Tuhan adalah: (1) Berasal dari kaum Israel. Orang itu bukanlah bangsa di luar Israel atau berasal dari kaum non-Israel, tetapi orang itu haruslah secara garis keturunan berasal dari bangsa Israel. Seseorang yang bukan berasal dari Israel, tidak boleh menjadi raja atas Israel (ay. 15); (2) Tidak mengandalkan diri sendiri. Kuda adalah perlambang kekuatan militer pada saat itu. Seorang raja yang memelihara banyak kuda, bisa membawanya bersandar kepada kekuatan militernya sendiri, dan bukan kepada Tuhan (ay. 16); (3) Hanya memiliki seorang istri dan tidak mengumpulkan kekayaan untuk dirinya sendiri. Alasannya sama, agar hatinya tidak dicondongkan untuk menyenangkan istrinya, akan tetapi tetap setia untuk menyenangkan Tuhan. Dia tidak juga mengumpulkan kekayaan untuk menunjukkan bahwa dirinya kaya (ay. 17); (4) Setia mempelajari hukum Tuhan dan berpegang kepadanya. Membaca hukum Tuhan dan belajar untuk mentaatinya seumur hidup, menjadi syarat utama bagi seorang raja Israel, agar dia tetap menjadi raja yang berkenan kepada Tuhan (ay. 18-20).

Persyaratan ini bisa kita terapkan dalam kehidupan kita sekarang ini; seseorang yang takut akan Tuhan, hanya mengandalkan Tuhan, memiliki hanya seorang istri dan tidak hanya mengejar kekayaan, melainkan hatinya berpaut kepada firman Tuhan dan setia menjalankan firman Tuhan. Apapun jabatan dan posisi kita saat ini, di manapun Tuhan tempatkan, baik sebagai pemimpin, milikilah syarat-syarat tersebut di atas, niscaya hidup kita akan bermakna dan berarti di hadapan Tuhan dan juga bagi orang-orang yang kita pimpin.

STUDI PRIBADI: (1) Sudahkah kita memiliki persyaratan seperti yang difirmankan Tuhan dalam bagian ini? (2) Bagaimana kita mengusahakan agar kita boleh bertumbuh memenuhi syarat-syarat di atas?
DOAKAN BERSAMA: Berdoalah bagi jemaat Tuhan agar menjadi seseorang yang makin mencintai firman Tuhan, dan setia melakukan firman Tuhan dalam hidupnya. Apa yang Tuhan tuntut, kita mau menaatinya.

Share Button