Bacaan hari ini: Mazmur 112-114
“Haleluya! Berbahagialah orang yang takut akan TUHAN, yang sangat suka kepada segala perintah-Nya.” (Mazmur 112:1)

Apakah yang dunia katakan mengenai BAHAGIA? Apakah uang dan kekayaan? Negara Finlandia menambahkannya dengan stabil, aman, dan berkembang secara sosial, karena hanya ada sedikit korupsi, polisi dan pejabat negara mereka bisa dipercaya sehingga masyarakatnya memiliki kehidupan yang damai. Apakah benar demikian?

Apa yang Alkitab katakan mengenai BAHAGIA dalam kitab Mazmur 112-114? Beberapa hal yang harus diperhatikan: (1) Orang yang hidup takut akan Tuhan; (2) Yang melakukan perintah-Nya; (3) Yang jujur dan tulus; (4) Pengasih dan penyayang. Janji-janji yang Tuhan berikan: (a) Anak cucunya akan perkasa di bumi; (b) Penuh dengan hikmat; (c) Tidak takut kabar celaka dan hatinya teguh; (e) Mujur dan diingat selamanya; (f) Mendapatkan penghiburan di dalam penderitaan.

Sebab Tuhan Allah yang kita sembah adalah Allah yang berdaulat dan penuh kasih karunia kepada umat-Nya dengan menegakkan orang yang hina dari dalam debu untuk mendudukinya bersama-sama dengan para bangsawan serta perempuan-perempuan mandul secara tiba-tiba menjadi subur dan yang terutama Tuhan Allah hadir di tengah-tengah umat-Nya.

Dengan demikian, kebahagiaan sejati adalah kebahagiaan karena Allah mencurahkan anugerah-Nya kepada umat pilihan-Nya. Pada waktu Israel keluar dari Mesir, kaum keturunan Yakub dari bangsa yang asing bahasanya, maka Yehuda menjadi tempat kudus-Nya, Israel wilayah kekuasaan-Nya (114:1-2). Dan melalui anugerah-Nya, Allah memanggil umat-Nya untuk melayani-Nya sebagai hamba-hamba-Nya.

Tidak demikian dengan orang berdosa, mereka sepenuhnya tertuju kepada dunia dan kedagingan, dan dirinya menjadi tuan atasnya. Oleh sebab itu, ketika semua habis lenyap, kebahagiaan merekapun lenyap dan pengharapan mereka pun lenyap. Begitu rapuhnya orang berdosa. Ya Tuhan, terpujilah nama-Mu di segala masa dan di segala tempat sebab Tuhan Allah yang berdaulat atas seluruh bumi, semua ada di dalam kontrol-Nya.

STUDI PRIBADI: Tuliskan definisi kebahagiaan menurut Alkitab! Dan janji Tuhan kepada umat-Nya, khususnya mereka yang takut akan TUHAN!
POKOK DOA: Berdoalah. Tuhan Yesus, mampukanlah kami untuk menjadi saksi-Mu dengan kehidupan kami, dan tetap memberitakan nama-Mu, melalui kehidupan kami, Amin.

Share Button