Jawab Petrus kepada mereka: “Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus.” (Kisah Para Rasul 2:38)

Gereja-gereja Tuhan hari ini memperingati hari Pentakosta, yaitu hari turunnya Roh Kudus. Hari Pentakosta adalah hari ke 50 sesudah Tuhan Yesus bangkit dari kematian. Pengetahuan dan pengenalan orang Kristen tentang Roh Kudus sangat kurang. Kebanyakan khotbah adalah mengenai Allah Bapa dan Allah Putra, sedangkan khotbah mengenai Roh Kudus sangat jarang, mungkin hanya ketika hari Pentakosta (semoga tidak).

Siapa Roh Kudus? Roh Kudus adalah pribadi ketiga dari Allah Tritunggal: Allah Bapa, Allah Putra, Allah Roh Kudus. Roh Kudus bukan hanya sekedar Rohnya Allah, tetapi Roh Kudus adalah Allah.

Bapa adalah Allah
Putra adalah Allah
Roh Kudus adalah Allah

tetapi,

Allah Bapa tidak sama dengan Allah Putra
Allah Bapa tidak sama dengan Allah Roh Kudus
Allah Putra tidak sama dengan Allah Bapa
Allah Putra tidak sama dengan Allah Roh Kudus
Allah Roh Kudus tidak sama dengan Allah Bapa
Allah Roh Kudus tidak sama dengan Allah Putra

Peran Roh Kudus sangat menentukan kehidupan orang-orang percaya. Karena Allah melaksanakan kehendak-Nya dalam kehidupan orang-orang percaya melalui penguasaan atau pengaturan Roh Kudus atas kehidupan orang-orang percaya itu.

Hidup yang dipimpin oleh Roh Kudus adalah suatu keharusan bagi setiap orang percaya dan supaya kita bisa hidup dipimpin oleh Roh Kudus maka kita harus menyadari bahwa peran Roh Kudus sangat penting sehingga kita harus menerima-Nya, kemudian kita juga harus hidup oleh Roh, itu semuanya perlu kita lakukan agar hidup kita bisa dipimpin oleh Roh Kudus. Kehadiran Roh Kudus atau ketidakhadiran-Nya dalam kehidupan seseorang yang membedakan seseorang hidup secara rohani atau mati secara rohani. Kelahiran baru atau kelahiran rohai seseorang adalah hanya Roh Kudus dalam diri-Nya.

Perubahan hidup diawali ketika seseorang bertobat dan mengijinkan Roh Kudus mengisi, menuntun, menguasai dan berkarya di dalam hidupnya. Mari di hari Pentakosta ini kita merenungkan kembali bagaimana dengan hidup kita. Adakah Roh Kudus di dalam hidup kita? Siapa yang menguasai dengan mengatur bahkan mengubah hidup kita? *

Share Button