Bacaan hari ini: Ulangan 23:19-20
“Janganlah engkau membungakan kepada saudaramu, baik uang maupun bahan makanan atau apapun yang dapat dibungakan.” (Ulangan 23:19)

Dalam perikop kali ini, kita bisa melihat bahwa Tuhan bukan hanya mengatur hal yang bersifat rohani saja, melainkan juga mengatur kehidupan sosial umat-Nya, yaitu menyangkut kehidupan sehari-hari seperti soal pinjam-meminjam, baik uang maupun barang.

Dalam dua ayat ini, Tuhan sedang menyinggung masalah pinjam-meminjam dan aturan main yang harus diikuti umat-Nya. Sebab banyak masalah muncul dari hal pinjam-meminjam, sehingga Allah tidak mau bila gara-gara masalah pinjam-meminjam, hubungan persaudaraan menjadi renggang, gara-gara pinjam-meminjam terjadi persengketaan karena si peminjam tidak bisa mengembalikan pinjamannya. ”Janganlah engkau memungut bunga—supaya TUHAN, Allahmu, memberkati engkau dalam segala usahamu di negeri yang engkau masuki untuk mendudukinya” (Ul. 23:19-20).

Tuhan memberikan aturan ini agar jangan seorangpun membebankan sesuatu kepada orang lain melebihi kekuatannya; misalnya, jika ada orang yang meminjam, selayaknya jangan dipungut bunga atas pinjaman itu. Nas ini sangat aktual untuk hari-hari ini, sebab banyak jemaat terlibat dalam hal hutang piutang. Aturan itu dibuat bukan untuk menguntungkan salah satu pihak, tetapi aturan dibuat supaya kita tetap berada di dalam berkat-Nya. Sesungguhnya dalam nas ini Tuhan sedang menekankan “jangan sampai gara-gara hutang piutang, berkat-Nya menjadi terhalang.”

Sedapat mungkin janganlah terjadi hutang-piutang di antara jemaat Tuhan; apabila ada yang berlebihan cobalah lihat sekeliling dan perhatikan kekurangan saudara itu. Pernahkan kita melakukannya? Allah ingin kita menjadi berkat, terlebih untuk saudara seiman. Perintah Firman Tuhan, “Berilah dan kamu akan diberi: suatu takaran yang baik, yang dipadatkan, yang digoncang dan yang tumpah ke luar akan dicurahkan ke dalam ribaanmu. Sebab ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu” (Lukas 6: 38).

STUDI PRIBADI: (1) Bagaimana melihat relevansi bacaan ini dalam kehidupan pekerjaan sehari-hari? (2) Mengapa anak-anak Tuhan diminta untuk tidak memberi bunga uang kepada sesamanya?
DOAKAN BERSAMA: Berdoalah bagi setiap jemaat Tuhan agar senantiasa mengandalkan Tuhan dalam menghadapi pergumulan dan kesulitan hidup yang dialaminya. Tuhan menopang hidup setiap anak-Nya.

Share Button