Bacaan hari ini: Bilangan 35:1-8
“Perintahkanlah kepada orang Israel, supaya dari milik pusaka kepunyaannya diberikan mereka kota-kota kepada orang Lewi untuk didiami; juga haruslah kamu memberikan kepada orang Lewi tanah-tanah penggembalaan…” (Bilangan 35:2)

Suku Lewi adalah suku yang dipilih Tuhan untuk suatu tugas khusus, yaitu melayani Tuhan sebagai imam. Oleh sebab itu, Tuhan tidak memberikan bagian tanah pusaka di Kanaan seperti suku-suku lain, namun mereka diberikan kota-kota yang tersebar di tanah pusaka tiap suku di seluruh Kanaan. Mengapa demikian? Fokus hidup orang Lewi sebagai imam ialah untuk melayani Tuhan sebagai perantara antara jemaat kepada Tuhan dan sebagai penyelenggara ibadah. Oleh sebab itu, orang Lewi tidak lagi harus berkonsentrasi mengelola tanah pusaka yang cukup luas untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka. Lalu, bagaimana orang Lewi bisa hidup? Tuhan berjanji bahwa Tuhanlah milik pusaka mereka (Yosua 13:14). Memiliki Tuhan sebagai milik pusaka tidak akan membuat mereka kelaparan. Oleh sebab itu, Tuhan sudah mengatur bahwa orang Lewi akan hidup dari persembahan perpuluhan dan korban-korban yang dipersembahkan oleh orang Israel.

Di sisi lain, peranan orang Lewi sebagai imam sangat penting, karena sebagai seorang imam tentu dibutuhkan di semua daerah Israel dan harus memberikan teladan hidup yang benar bagi bangsa Israel. Oleh sebab itu, kehadiran orang Lewi yang tersebar di seluruh suku Israel menjadi sangat strategis dan penting.

Siapa orang Lewi saat ini? Siapa yang dipilih Tuhan untuk melayani-Nya? Memang ada orang tertentu yang dipanggil Tuhan secara khusus untuk melayani Tuhan penuh waktu. Jadi mereka memfokuskan hidupnya untuk melayani pekerjaan Tuhan. Namun, semua orang percaya dipanggil untuk melayani Tuhan dan memberitakan perbuatan serta kasih Tuhan melalui seluruh kehidupan mereka (1 Petrus 2:9). Umat Tuhan saat ini juga diutus untuk hadir di tengah-tengah lingkungannya sebagai saksi atas karya Tuhan dalam kehidupan manusia serta menjadi teladan di manapun mereka berada. Adalah suatu anugerah apabila Tuhan berkenan memakai kita menjadi rekan sekerja-Nya dalam mewartakan karya dan kasih Tuhan. Persembahkan hidup sepenuhnya untuk meresponi panggilan Tuhan.

STUDI PRIBADI: (1) Mengapa Allah memilih suku Lewi menjadi imam? (2) Apa yang akan Anda lakukan untuk meresponi panggilan melayani Tuhan?
DOAKAN BERSAMA: Berdoalah agar setiap anak Tuhan memahami bahwa dirinya juga dipanggil untuk melayani Tuhan, serta mau meresponi panggilan Tuhan dengan setia dan taat mengerjakan panggilan itu.

Share Button