Bacaan hari ini: Mazmur 115-116
“Bukan kepada kami, ya TUHAN, bukan kepada kami, tetapi kepada nama-Mulah beri kemuliaan, oleh karena kasih-Mu, oleh karena setia-Mu!” (Mazmur 115:1)

Bagi sebagian orang, nama bukanlah sekadar yang hanya menempel pada diri pribadi seseorang, tetapi nama mempunyai makna dan harapan bagi penyandang nama tersebut. Demikianlah pemazmur memberikan gambaran tentang “Nama TUHAN.”

Mazmur ini ditulis pada saat bangsa Israel mengalami kesusahan dan penderitaan besar dalam menghadapi musuh-musuhnya. Namun ketika bangsa Israel kembali kepada TUHAN dan mengandalkan TUHAN dalam menghadapi musuh-musuhnya, maka TUHAN memberikan kemenangan yang besar dan kudus. Maka dari itu, selayaknya umat-Nya memuji dan meninggikan Dia. Sebab di dalam nama TUHAN, ada: (1) Kasih, keadilan dan kesetiaan; (2) Ia melakukan apa yang dikehendaki-Nya; (3) Nama-Nya adalah tempat perlindungan yang teguh; (4) Dialah satu-satunya Allah yang hidup, yang mendengarkan keluh kesah dan permohonan umat-Nya; (5) Meluputkan umat-Nya dari maut dan kembali tenang dalam jiwanya, “Sehingga Aku boleh berjalan di hadapan TUHAN, di negeri orang-orang hidup” (116:9). Sebab Allah telah meluputkan umat-Nya dari maut, maka umat-Nya harus hidup baru dan berjalan beserta-Nya.

Belajar dari bagian ini, apakah Anda dan saya percaya bahwa di dalam NAMA Tuhan ada kemenangan, penghiburan dan pemeliharaan-Nya? Adakah ucapan syukur atas kebaikan-kebaikan Tuhan yang memelihara hidup kita di hadapan-Nya? Sudahkah kita menaati segala ketetapan-ketetapan-Nya dalam hidup kita setiap hari? Lakukanlah sekarang, janganlah Anda dan saya menunda-nunda untuk hidup kudus dan menaati ketetapan-ketetapan-Nya. Sebab panggilan keselamatan telah dinyatakan di dalam hidup kita untuk bertanggung jawab secara moral melayani-Nya. Itulah panggilan ibadah kita sebagai sesuatu yang utama.

Ya Tuhan, hamba-Mu ini percaya bahwa di dalam nama TUHAN ada keselamatan, dan perlindungan yang teguh, terpujilah nama TUHAN. Dan hama-Mu ini mempersembahkan korban syukur kepada-Mu.

STUDI PRIBADI: (1) Apakah arti nama Tuhan dalam kehidupan umat-Nya? Apakah dampak nama TUHAN dalam kehidupan orang-orang Kristen masa kini? (2) Tuliskan beberapa hal penting terkait pemahaman dan pengalaman tentang nama TUHAN tersebut.
POKOK DOA: Berdoalah bagi setiap jemaat TUHAN agar mereka senantiasa mengalami TUHAN di dalam kehidupan dan pergumulan yang mereka alami, Amin.

Share Button