Bacaan hari ini: 2 Tawarikh 14:2-15
“Ya TUHAN, selain dari pada Engkau, tidak ada yang dapat menolong yang lemah terhadap yang kuat. Tolonglah kami ya TUHAN, Allah kami, karena kepada-Mulah kami bersandar dan dengan nama-Mu kami maju…” (2 Tawarikh 14:11)

Salah satu sifat yang nampak di dalam hidup seorang yang sungguh-sungguh takut akan TUHAN adalah sifat “mengandalkan TUHAN” di dalam seluruh aktivitas kehidupannya. Inilah yang dimiliki oleh Abia, raja yang memerintah di Yehuda.

Sifat “mengandalkan TUHAN” adalah suatu sifat yang nampak dalam perilaku yang menjadikan TUHAN segala-galanya di dalam kehidupannya. Apa yang dialami, dirasakan dan dihadapi, harus minta petunjuk TUHAN, melalui doa. Mungkin bagi orang-orang zaman modern yang menekankan akal dan pengetahuan, hal ini terdengar tidak logis dan jauh dari akal sehat. Namun bagi orang-orang yang sungguh-sungguh percaya kepada TUHAN dan hidup sesuai dengan Firman-Nya, hal ini bukanlah sesuatu yang tidak masuk akal, bahkan dipahami sebagai “sesuatu yang melampaui akal manusia, namun sungguh-sungguh dapat dirasakan dan dialami.” Inilah yang terjadi dengan Asa, raja Yehuda. Kehidupannya yang saleh dan sungguh-sungguh di hadapan Tuhan telah menyebabkan dia memiliki sifat “mengandalkan Tuhan” dalam hidupnya (bnd. 2Taw. 14:2-6). Menghadapi peperangan dengan Zerah, orang Etiopia dan pasukannya – membuat Asa, raja Yehuda mengandalkan Tuhan. Hasilnya, TUHAN memberikannya kemenangan besar terhadap Asa, raja Yehuda. Bukan hanya menewaskan pasukan Etiopia, dan mengalahkan kota-kota sekitarnya, tetapi juga menjarah barang-barang di kota-kota yang telah dikalahkan oleh Asa, raja Yehuda. Sungguh pengalaman yang luar biasa.

Bagaimanakah dengan kita? Dalam menjalani kehidupan dalam dunia ini, kadang sifat “mengandalkan TUHAN” kurang kita miliki. Kita cenderung menggunakan kemampuan dan kekuatan kita dalam menghadapi segala macam kesulitan. Akibatnya, kita sering kalah dan kecewa dengan segala pergumulan yang kita hadapi. Mari kita sebagai orang yang telah ditebus Kristus memiliki sifat “mengandalkan TUHAN” dalam hidup ini, agar kita mengalami kemenangan demi kemenangan yang dikerjakan oleh Kristus, TUHAN kita.

STUDI PRIBADI: (1) Siapakah Asa? Apa yang dilakukannya saat memerintah di Israel? (2) Dalam menghadapi pertempuran, apa yang dilakukan Asa? Bagaimana pencapaiannya?
DOAKAN BERSAMA: Berdoalah bagi segenap jemaat Tuhan agar memiliki sifat yang mengandalkan Tuhan dan berserah hanya kepada-Nya, dalam menghadapi pergumulan hidupnya, hari lepas hari.

Share Button