Bacaan hari ini: 2 Samuel 16:1-23
“Mungkin TUHAN akan memperhatikan kesengsaraanku ini dan TUHAN membalas yang baik kepadaku sebagai ganti kutuk orang itu pada hari ini.” (2 Samuel 16:12 — ITB)

Dalam kehidupan di dunia ini, kita akan berhadapan dengan pelbagai macam manusia, juga pelbagai macam kejadian yang tak terduga, yang terjadi begitu mendadak, tanpa kita menduga sebelumnya. Hal ini terjadi kepada Daud yang pada waktu itu telah menjadi raja di Israel. Namun hal yang tak terduga adalah “musuh” itu datang dari bangsanya sendiri, bahkan anaknya sendiri. Maka di sini, Daud sadar bahwa semua yang buruk bisa terjadi pada dirinya, maka ia perlu bertindak hati-hati dalam segala keputusan yang diambilnya, agar masalah tidak menjadi semakin buruk dan tidak terkendali.

Peristiwa pertama, kita belajar bahwa kita bisa salah menilai orang, khususnya kesetiaan seseorang terhadap kita. Kita tentu sangat kecewa terhadap seseorang yang tidak memenuhi janji-janjinya, namun kita harus tabah dan maju, menjaga hati tidak pahit. Sekalipun Daud kecewa terhadap Mefiboset (anak Saul), di kemudian hari waktu Daud kembali ke Yerusalem sebagai raja, ia tetap mengasihi dan memaafkan Mefiboset.

Peristiwa kedua, kita belajar bahwa ketika kita jatuh terpuruk, jangan kita hanya menyalahkan lingkungan atau orang lain, melainkan sadarlah bahwa jika Tuhan sendiri mengijinkan peristiwa itu terjadi, maka pasti ada tujuannya. Pada waktu jenderal Daud bernama Abisai hendak membunuh Simei yang kurang ajar terhadap Daud, Daud mencegahnya, bukan karena perkataan Simei adalah benar, melainkan Daud sadar bahwa musuhnya sebenarnya adalah dari keluarganya, sehingga hari ini orang lain berani begitu kurang ajar terhadap dia.

Peristiwa ketiga, dalam peperangan, mengandalkan Tuhan bukan berarti tidak berbuat apa-apa, nanti Tuhan pasti memberikan kemenangan. Mengandalkan Tuhan berarti kita memakai segala sesuatu yang kita tahu, dan memohon hikmat Tuhan untuk ambil keputusan yang benar, yang baik. Daud menyelipkan Husai ke dalam pihak Absalom, ini adalah langkah bijak Daud agar dapat info internal pihak Absalom, sehingga akhirnya Daud pun menang perang.

STUDI PRIBADI: (1) Dalam keadaan sulit, karakter apa yang harus kita pertahankan? (2) Dalam keadaan sulit, hikmat apa yang dapat kita pakai untuk memperbaiki keadaan?
DOAKAN BERSAMA: Berdoalah untuk setiap jemaat Tuhan agar selalu waspada dalam kehidupan ini dengan mengandalkan Tuhan untuk menjalani proses hidupnya, sehingga keputusan yang diambil adalah yang terbaik.

Share Button