Bacaan hari ini: 1 Raja-Raja 14
“Tetapi orang Yehuda melakukan apa yang jahat di mata TUHAN …, lebih dari pada segala yang dilakukan nenek moyang mereka.” (1 Raja-Raja 14:22)

Dalam Firman hari ini, kita melihat kisah dua raja Israel: Yerobeam sebagai raja Israel bagian utara dan Rehabeam sebagai raja Israel bagian selatan (Yehuda). Yang menyedihkan, pada akhir kehidupan mereka, mereka gagal memimpin Israel untuk hidup takut akan Tuhan. Mereka melakukan apa yang jahat selama hidupnya dan membuat bangsa Israel berdosa di hadapan Tuhan.

Secara khusus, kita akan melihat mengenai tokoh raja Rehabeam, Dia adalah anak dari Raja Salomo. Dia mewarisi kekayaan dan segala sumber daya yang dimiliki oleh Salomo. Dia mempunyai penasihat-penasihat yang dulu melayani Salomo. Dia mempunyai bait Allah yang merupakan tempat ibadah terpenting bagi bangsa Israel. Namun Rehabeam memiliki sebuah kelemahan yang akhirnya membuat dia berdosa di hadapan Tuhan, yaitu melupakan Tuhan. Rehabeam melupakan bahwa semua yang ada dalam kerajaannya adalah karena anugerah Tuhan. Dalam 2Taw. 12:1 dikatakan Rehabeam beserta seluruh Israel meninggalkan hukum TUHAN, ketika kerajaannya menjadi kokoh dan kekuasaannya menjadi teguh.

Sebelum kerajaan Yehuda kokoh dan teguh, Rehabeam sebenarnya mengingat akan Tuhan. Rehabeam hidup takut akan Tuhan, tetapi ketika kerajaannya kokoh dan kekuasaannya teguh, Rehabeam meninggalkan dan melupakan Tuhan. Dalam 1 Raja-Raja 14:23-24 dicatat perbuatan dosa Rehabeam terhadap Tuhan, “Sebab mereka pun juga mendirikan tempat-tempat pengorbanan dan tugu-tugu berhala dan tiang-tiang berhala di atas setiap bukit yang tinggi dan di bawah setiap pohon yang rimbun. Bahkan ada pelacuran bakti di negeri itu. Mereka berlaku sesuai dengan segala perbuatan keji bangsa-bangsa yang telah dihalau TUHAN dari orang Israel.”

Bagaimanakah dengan kita saat ini? Marilah belajar dari kehidupan Rehabeam untuk tidak pernah melupakan Tuhan. Pada waktu kehidupan ini sulit, kita ingat Tuhan. Namun pada waktu hidup kita sudah sukses dan bahagia, jangan lupakan Tuhan.

STUDI PRIBADI: (1) Apa yang membuat Rehabeam melupakan Tuhan, padahal ia menerima segala berkat Tuhan? (2) Pelajaran apa yang Anda dapat terapkan dalam hidup Anda?
DOAKAN BERSAMA: Berdoalah bagi jemaat Tuhan agar mereka selalu hidup takut akan Tuhan dan mensyukuri segala berkat Tuhan dengan hidup setia kepada Tuhan. Doakan agar mereka tidak menjadi takabur dalam hidup mereka.

Share Button