Bacaan hari ini: Bilangan 35:9-34
“Kota-kota itu akan menjadi tempat perlindungan bagimu terhadap penuntut balas, supaya pembunuh jangan mati, sebelum ia dihadapkan kepada rapat umat untuk diadili.” (Bilangan 35:12)

Dalam Kitab Ulangan, kita belajar mengenai Allah yang sangat penuh keteraturan, namun sekaligus penuh kemurahan. Hal ini nampak dari peraturan yang Allah berikan kepada umat Israel agar mereka membuat kota—kota perlindungan. Apa saja yang dimaksud dengan kota perlindungan tersebut?

Enam kota orang Lewi dijadikan sebagai kota perlindungan (bdk. Yos. 20:1-9), ditempatkan secara strategis di Kanaan, yaitu tiga kota di seberang sunga Yordan dan tiga kota di Kanaan. Kota perlindungan tersebut berfungsi sebagai sebuah kota dimana setiap orang yang bersalah yang dengan cara tidak sengaja telah menyebabkan orang lain terbunuh, maka orang tersebut akan diberikan perlindungan dari seorang penuntut darah.

Allah menginginkan adanya keadilan agar setiap orang yang dengan sengaja telah menyebabkan hilangnya nyawa seseorang, maka mereka harus dihukum. Namun, bagi setiap orang yang secara tidak sengaja menyebabkan terhilangnya nyawa seseorang, maka perlu diberikan perlindungan, yaitu mereka yang tanpa perasaan permusuhan telah dengan tidak sengaja melemparkan sesuatu atau menjatuhkan sesuatu sehingga menyebabkan seseorang meninggal, maka mereka diijinkan untuk mendapat pengampunan. Mereka yang tidak sengaja ini menerima keputusan khusus melalui rapat umat agar dia tinggal di kota perlindungan tertentu, dan jika ia tidak tinggal di kota perlindungan, maka penuntut darah akan membunuhnya. Ia harus tinggal di kota itu hingga imam besar yang sedang menjabat meninggal dunia, dan sesudahnya, ia boleh kembali ke tanah kepunyaannnya sendiri.

Hal tersebut memberikan pesan rohani bagi kita, bahwa Allah adalah Allah yang tidak sembarangan saja menghukum, dan Ia menghendaki setiap kita pun demikian. Bagian yang kita baca menjelaskan bahwa Allah adalah Allah yang teratur, Ia memberikan panduan untuk menyelesaikan permasalahan. Ia juga adalah Allah yang adil, maka Ia tidak menghukum tanpa pertimbangan.

STUDI PRIBADI: (1) Apa yang dimaksud dengan kota perlindungan? (2) Siapa sebenarnya yang menjadi pelindung di dalam kehidupan kita?
DOAKAN BERSAMA: Berdoalah bagi setiap umat Tuhan, agar dalam hidupnya, mereka sungguh-sungguh dapat percaya dan mempercayakan hidupnya hanya kepada Allah, sang Pelindung yang sejati.

Share Button