Bacaan hari ini: Mazmur 19
“Lebih indah dari pada emas,… dan lebih manis dari pada madu…” (Mazmur 19:11)

Ajaib sekali, kemuliaan Tuhan dapat dinyatakan bahkan tanpa kata-kata dan tanpa suara. Keberadaan alam semesta menyaksikan kemuliaan Tuhan. Tuhan menciptakan langit, bumi beserta seluruh alam semesta menunjukkan kebesaran-Nya. Langit yang membentang begitu luas, hari berganti hari, dari pagi, siang, sore hingga malam hari, dan berulang terus-menerus seperti itu. Semua itu terlihat seakan otomatis, sudah terprogram; namun sesungguhnya Tuhan Allah lah yang mengatur semuanya itu. Ayat 5b-6 menunjukkan dengan detailnya Tuhan mengatur matahari dari terbit hingga terbenamnya. Demikian dahsyatnya matahari, sinarnya menjangkau seluruh makhluk hidup dan seluruh isi bumi (ay. 7). Kedahsyatan, kemuliaan dan kebesaran semua ciptaan itu mengarahkan kita kepada Allah yang mulia.

Allah yang mulia juga menyatakan diri melalui firman-Nya. Perkataan Tuhan, yang adalah firman-Nya juga menyatakan kebesaran dan keajaiban diri Allah. Perkataan Tuhan sempurna (ay. 8), benar dan baik adanya, tidak ada ketidakbenaran sedikitpun di dalamnya. Perkataan Tuhan itu berkuasa untuk membangkitkan kembali semangat hidup orang yang mau menerima firman-Nya, bahkan memberi hikmat bagi orang untuk menjalani hidup agar tetap berkenan kepada Tuhan.

Firman Tuhan juga membuat penerima Firman memiliki kesukaan dan kecintaan akan Firman Tuhan, karena membuat matanya dapat melihat mana yang benar, mana yang tidak benar (ay. 9). Orang yang menerimanya dan melakukannya akan mendapati firman Tuhan begitu berharga dan bernilai, tidak ada bandingnya dengan apapun yang ada di dunia ini (ay. 11). Firman Tuhan menyatakan kemuliaan, sekaligus kerinduan hati Allah untuk membawa umat-Nya tetap berjalan di jalan yang benar. Sudahkah kita, sebagai umat yang dikasihi oleh Tuhan, mengalami kebesaran Allah dan kuasa Allah melalui firman-Nya?

STUDI PRIBADI: (1) Apakah Saudara membaca Alkitab, yang adalah Firman Tuhan, setiap hari? (2) Bagaimanakah dampak dari ketekunan Saudara membaca Alkitab selama ini? Adakah perubahan nyata dalam hidup yang terlihat, sebagai aplikasi dari firman Tuhan?
DOAKAN BERSAMA: Berdoalah bagi jemaat Tuhan agar firman Tuhan nyata kuasanya melalui perubahan hidup jemaat yang terjadi terus-menerus, dan perubahan yang semakin serupa dengan Kristus.

Share Button