Bacaan hari ini: Yosua 12-13
“Inilah raja-raja negeri yang dikalahkan oleh orang Israel dan yang nengerinya diduduki mereka di seberang Yordan…” (Yosua 12:1)

Ketika seseorang berhasil dalam pekerjaannya, tentu dirinya akan dihargai, diangkat dan dipromosikan kepada jabatan yang lebih tinggi. Keberhasilan seseorang membuat dirinya dimuliakan oleh manusia, oleh perusahaan yang mempekerjakan dirinya. Akan tetapi, apa arti kemenangan bagi setiap kita, yang adalah umat kesayangan Tuhan? Apakah sama dengan kemenangan yang diajarkan oleh dunia?

Yosua pasal 11-12 adalah catatan kemenangan bangsa Israel atas tanah Kanaan. Pasal 12 secara khusus mencatat sejumlah raja-raja bangsa Kanaan yang dikalahkan oleh bangsa Israel. Bangsa Israel adalah budak di Mesir ketika Tuhan melepaskan mereka. Yang menduduki tanah Kanaan adalah generasi kedua dari generasi yang dilepaskan Tuhan keluar dari Mesir. Generasi ini bukanlah keturunan dari prajurit perang yang gagah perkasa, mereka tidak terlatih secara militer. Secara manusiawi, mereka tidak mungkin menang atas bangsa Kanaan yang secara fisik jauh lebih besar dan lebih kuat dari mereka, dan dari segi kuantitas atau jumlah bangsa Kanaan jauh melampaui mereka. Akan tetapi kemenangan demi kemenangan diraih bangsa Israel. Hal ini menyatakan betapa besar kuasa Tuhan atas umat-Nya, yang ingin dipakai Tuhan untuk menyatakan diri-Nya kepada bangsa-bangsa yang tidak mengenal Tuhan. Kemenangan ini juga sebagai bukti atas penggenapan janji Tuhan, bahwa Tuhan memberikan tanah Kanaan kepada Israel. Selain itu, catatan ini juga menyatakan bahwa melalui Yosua, pemimpin yang dipakai Tuhan, berhasil memimpin bangsa Israel mencapai kemenangan dalam Tuhan.

Sebagai umat Tuhan di masa sekarang, kita pun boleh mengalami kemenangan dari Tuhan. Kemenangan kita dalam Tuhan adalah pada saat kuasa Tuhan nyata melalui diri kita, ketika Tuhan berkarya melalui diri kita, pribadi-pribadi yang tidak dikenal oleh banyak orang. Kemenangan dari Tuhan hanya bisa nyata pada saat kita menyerahkan diri kita untuk menjadi alat di tangan Tuhan. Dengan demikian orang banyak bisa menyaksikan kuasa Tuhan nyata melalui hidup kita.

STUDI PRIBADI: (1) Apa artinya keberhasilan dalam hidup Saudara? (2) Apakah kuasa dan kebesaran Tuhan dinyatakan melalui keberhasilan yang Saudara capai?
DOAKAN BERSAMA: Berdoalah agar setiap umat Tuhan, mau dipakai Tuhan untuk menyatakan kuasa dan kebesaran Tuhan melalui pekerjaan, pelayanan dan keluarganya. Kiranya hidup kita memuliakan nama-Nya.

Share Button