Bacaan hari ini: Keluaran 30:17-21
“Sujudlah menyembah kepada TUHAN dengan berhiaskan kekudusan, gemetarlah di hadapan-Nya, hai segenap bumi!” (Mazmur 96:9)

Kekudusan merupakan salah satu sifat atau atribut Allah. Allah itu adalah Pribadi yang kudus, oleh karena itu Allah menginginkan agar umat-Nya pun dapat hidup dalam kekudusan. Itulah sebabnya, segala hukum dan ritual yang diperintahkan Allah dalam Perjanjian Lama, menyatakan kekudusan-Nya. Misalnya, mengenai ritual pembasuhan yang tercatat dalam bagian ini.

Tuhan berfirman kepada Musa agar membuat sebuah bejana pembasuhan. Bejana pembasuhan ini haruslah terbuat dari bejana tembaga yang besar, dan haruslah diletakkan di antara Kemah Pertemuan dan Mezbah. Bejana pembasuhan ini akan diisi dengan air, dan akan digunakan untuk membasuh tangan dan kaki para iman sebelum mereka melayani di Kemah Pertemuan.

Aturannya adalah, apabila mereka hendak datang ke mezbah itu untuk menyelenggarakan kebaktian dan untuk membakar korban api-apian bagi TUHAN, haruslah mereka membasuh tangan dan kaki mereka, supaya mereka jangan mati. Bejana pembasuhan ini memiliki pengertian rohani, yaitu untuk menyucikan dan menguduskan para imam, sehingga terjadi pendamaian sebelum melayani TUHAN yang Mahakudus di Kemah Pertemuan.

Hari ini, ritual pembasuhan tidak lagi terjadi ketika umat Tuhan masuk dan melayani di rumah Tuhan. Sebab Yesus Kristus, sang Anak Domba Allah telah menyucikan kita dari setiap dosa dan telah melayakkan kita untuk boleh menghadap hadirat Allah dengan kekudusan. Akhirnya, marilah kita sebagai anak-anak Allah hidup dalam kekudusan. Dengan demikian nama Allah dipermuliakan melalui kehidupan kita.

STUDI PRIBADI: (1) Bagaimana cara Anda dalam mengusahakan hidup kudus dalam kehidupan sehari-hari? (2) Masih adakah dosa-dosa yang Anda sedang gumulkan dan menghambat relasi Anda untuk datang kepada Tuhan?
DOAKAN BERSAMA: Berdoalah kepada Allah: Bersyukurlah atas anugerah pengampuan dosa melalui pengorbanan Tuhan Yesus; Memohon kepada Allah agar senantiasa memampukan kita untuk boleh hidup kudus.

Share Button