Bacaan hari ini: 1 Samuel 16:14-23
“Dan setiap kali apabila roh yang dari pada Allah itu hinggap pada Saul, maka Daud mengambil kecapi dan memainkannya; Saul merasa lega dan nyaman, dan roh yang jahat itu undur dari padanya.” (1 Samuel 16:23)

Apakah Anda takut setan? Sikap seperti ini umum terjadi dalam diri orang Kristen. Dalam teologia, ada ajaran sesat yang disebut Dualisme. Jika ajaran ini benar, mungkin kita memang mempunyai alasan untuk takut kepada setan, karena ajaran ini mengatakan bahwa kuasa baik dan kuasa gelap sama-sama kekal dan sama kuatnya sehingga tidak ada yang bisa saling mengalahkan.

Tetapi, Alkitab menyatakan bahwa Tuhan jauh lebih berkuasa dari setan, dan setan terpaksa tunduk kepada Tuhan. Allah jauh lebih berkuasa berkuasa dari setan, dan setan terpaksa tunduk pada apapun yang Allah kehendaki, ini terlihat dengan jelas dari 1Sam. 16:14-23. Pertanyaannya adalah: Mengapa roh jahat itu datang mengganggu Saul?

Pertama, Karena Roh Tuhan telah meninggalkan Saul, dan roh jahat menggantikan kedudukan Roh Tuhan itu (ay. 14). Setelah Roh TUHAN mundur dari Saul, maka roh jahat datang, mengganggu dan menguasai Saul (ay. 14). Inilah yang dikatakan dalam Pulpit Commentary, “Pada waktu jiwa berhenti diperintah oleh Allah, jiwa itu terbuka terhadap kuasa setan, dan ada di bawah kuasa pemerintahannya.” Saul telah melakukan dosa di hadapan Tuhan sehingga ia memberikan dirinya dikuasai oleh setan.

Kedua, Roh jahat itu diizinkan oleh Allah sebagai hukuman atas dosa Saul. Pada Pulpit Commentary disebutkan ungkapan “roh jahat dari Tuhan ada padanya”, hanya merupakan cara Perjanjian Lama untuk mengatakan bahwa keadaan sedalam mana ia jatuh, sebagian besar sebagai akibat dari perbuatan jahatnya sendiri, bersifat hukuman ilahi. Tuhan membiarkan Saul dikuasai oleh keinginan hatinya sendiri.

Setan sama sekali tidak setara dengan Allah, baik dalam hal kekekalan maupun dalam hal kekuatan, setan jauh di bawah Allah. Pada waktu setan menyerang orang yang percaya, ia dibatasi sedemikian rupa sehingga tidak mungkin menghancurkan ataupun merugikan orang percaya. Tetapi, kita tetap harus waspada terhadapnya, kita tidak boleh takut kepadanya sebagai orang yang telah percaya Yesus Kristus.

STUDI PRIBADI: (1) Apakah dampaknya jikalau seseorang dikuasai oleh roh jahat? (2) Bagaimana caranya agar kita bisa menang melawan kuasa jahat?
DOAKAN BERSAMA: Berdoalah agar setiap orang Kristen dapat hidup dengan iman dan keyakinannya di hadapan Allah sehingga ia tidak dikuasai oleh keinginannya yang akan menjatuhkan dirinya ke dalam dosa.

Share Button