Bacaan hari ini: Ulangan 17:2-7
“Jangan sujud menyembah kepadnya atau beribadah kepadanya, sebab Aku, TUHAN, Allahmu, adalah yang cemburu…” (Keluaran 20:5a)

Penyembahan berhala atau penyembahan kepada ilah lain, selain kepada Tuhan dikategorikan sebagai perbuatan jahat di hadapan Tuhan. Ini bukan saja melanggar perjanjian yang Tuhan telah tetapkan dengan umat-Nya, Israel. Tetapi orang yang melanggar aturan ini pastilah dihukum mati. Allah tidak akan pernah kompromi dengan orang yang sengaja merusak maupun menghancurkan relasi yang Allah sudah tetapkan lewat perjanjian dengan umat-Nya.

Tujuan ditegaskan kembali hukum ini adalah mengingatkan bangsa Israel yang akan masuk ke Tanah Perjanjian, agar tetap setia kepada Tuhan. Bangsa Kanaan menyembah bermacam-macam ilah; dalam Kitab Ulangan mencatat adanya patung yang dibuat dari kayu (Ul. 7:5; dalam Alkitab versi NIV memakai istilah “Asherah poles”) dan Baal, yaitu dewa yang dipercaya menguasai hujan dan petir (Ul. 4:3). Penyembahan kepada ilah lain serta kejayaan, kemakmuran dan kebesaran bangsa Kanaan, sangat menggiurkan bangsa Israel. Bangsa Israel berpikir bahwa dengan menyembah ilah lain, maka mereka pun akan menjadi bangsa yang jaya dan makmur. Perintah Tuhan ini menegakkan kekudusan Tuhan, sebagai satu-satunya Allah yang patut untuk disembah.

Penyembahan berhala pada zaman sekarang ini bisa berupa lebih mengutamakan yang lainnya, daripada Tuhan: Lebih mengutamakan pekerjaan atau acara lain daripada ibadah di hari Minggu, bertanya kepada orang pintar tentang nasib dan masa depan daripada menantikan Tuhan, lebih menerima dan menjunjung tinggi perkataan dan ajaran dari orang terkenal daripada firman Tuhan yang tertulis dalam Alkitab. Tuhan tidak serta-merta menghukum mati umat-Nya yang melakukan “penyembahan berhala” saat ini, Tuhan masih membuka pintu anugerah-Nya, menunggu setiap kita untuk kembali bertobat dari “penyembahan berhala” masa kini. Tuhan masih menantikan setiap kita untuk kembali kepada penyembahan yang benar, penyembahan secara total hanya kepada Tuhan.

STUDI PRIBADI: (1) Sudahkah kita menyembah Tuhan dalam seluruh aspek hidup? (2) Jika kita pernah berubah setia, akuilah dan mintalah ampunan-Nya. Mohonlah kepada Tuhan untuk menjaga agar kita boleh setia kepada Tuhan dalam seluruh hidup kita.
DOAKAN BERSAMA: Berdoalah bagi jemaat Tuhan agar tetap setia dan hanya beribadah serta menyembah kepada Tuhan saja. Kiranya umat Tuhan menjauhi berbagai macam penyembahan berhala yang ada.

Share Button