Bacaan hari ini: Ulangan 18:1-8
“Inilah hak imam terhadap kaum awam…, kepada imam haruslah diberikan paha depan, kedua rahang dan perut besar. Hasil pertama dari gandummu, dari anggurmu dan minyakmu…” (Ulangan 18:3-4)

Berbicara mengenai “hak yang harus diterima oleh orang-orang yang melayani di dalam gereja” nampaknya masih tabu dibicarakan oleh sebagian gereja-gereja Kristen, meskipun sebagian lainnya tidaklah demikian. Mengapa hal seperti itu dianggap tabu? Karena ada pandangan yang menyatakan, “orang-orang yang melayani di dalam gereja Kristen, tidak seharusnya memperhitungkan soal ‘penghasilan’ yang harus mereka terima.” Mengapa demikian? Karena “memperhitungkan soal penghasilan” menyebabkan orang-orang yang melayani tidak fokus pada pelayanannya dan bisa jatuh kepada godaan duniawi; Namun ada sebagian gereja-gereja Kristen lainnya, terus mengupayakan penghasilan yang cukup bagi orang-orang yang melayani di dalam gereja.

Kitab Ulangan khususnya 18:1-8 mengatur tentang “penghasilan dari para imam dan orang lewi.” Memang para Imam dan orang Lewi tidak mendapatkan bagian tanah Kanaan sebagaimana suku-suku yang lainnya. Mengapa demikian? Karena milik pusaka mereka adalah TUHAN (bnd. Ulangan 18:2). Nah, di dalam konteks ibadah kepada TUHAN, apa yang dipersembahkan oleh orang Israel kepada TUHAN, para Imam dan orang Lewi mendapatkan bagian di dalamnya. Dengan kata lain: Penghasilan para Imam dan orang Lewi berasal dari korban persembahan yang dipersembahkan kepada TUHAN. Pengaturan ini menjadi suatu pengaturan yang baku dan berlaku di seluruh Israel. Para orang Lewi yang melayani di berbagai pelosok wilayah Israel pada waktu itu mendapatkan “penghasilan” dari persembahan korban kepada TUHAN.

Apakah maksud dan tujuan dari pengaturan tentang penghasilan para Imam dan Lewi? Pengaturan ini bertujuan untuk menjamin kehidupan para Imam dan orang Lewi di dalam melakukan tugas dan pelayanan khusus di hadapan TUHAN. Orang-orang Israel lah yang harus menjamin kehidupan para Imam dan orang Lewi di dalam pelayanan mereka. Ini menjadi suatu peraturan yang baku dan turun-temurun yang harus dilakukan oleh seluruh bangsa Israel.

STUDI PRIBADI: (1) Mengapa para Imam dan orang Lewi tidak mendapat bagian dari tanah Kanaan? (2) Apakah yang dapat kita pelajari dari perenungan hari ini?
DOAKAN BERSAMA: Berdoalah bagi setiap para pelayan Tuhan yang melayani di dalam gereja Tuhan agar mereka dapat sungguh-sungguh melayani Tuhan dengan motivasi dan cara yang benar.

Share Button