Bacaan hari ini: Yosua 11:1-23
“Dan TUHAN menyerahkan mereka kepada orang Israel. Mereka dikalahkan dan dikejar… sampai lembah Mizpa yang di sebelah timur. Demikianlah mereka dihancurkan, sehingga tidak seorang pun dari mereka yang dibiarkan lolos.” (Yosua 11:8)

Upaya penaklukan tanah Kanaan terus berlanjut. Setelah Yosua berhasil mengalahkan bangsa-bangsa di selatan Kanaan, sekarang Allah mengarahkan Yosua dan Israel untuk menaklukkan wilayah utara Kanaan. Peperangan yang dicatat pada pasal-pasal sebelumnya merupakan pernyataan kekuasaan Allah yang luar biasa. Namun hal tersebut tidak membuat kerajaan-kerajaan di wilayah utara Kanaan undur mempertahankan tanah mereka. Kekuatan yang mereka tunjukkan sekarang jauh lebih dahsyat daripada persekutuan lima raja di selatan. Persekutuan mereka dengan kerajaan-kerajaan lain dari sebelah barat dan timur Tanah Kanaan menghasilkan rakyat yang turun berperang. Mereka seperti pasir di tepi laut banyaknya, bersama kuda dan kereta perang mereka (ayat 4). Belum lagi Yosua juga harus berhadapan dengan bangsa Enak, yang badannya laksana raksasa, tinggi dan kuat (ayat 22). Yabin, raja Hazor sendiri merupakan lawan yang tangguh dan memiliki kekuatan militer yang hebat (ayat 10).

Meskipun secara manusiawi, wajar bila Israel dan Yosua gentar, namun karena Tuhan di pihak mereka, kegentaran itu sirna (6). Penyertaan Tuhan membuat mereka terus memacu semangat mengalahkan musuh. Sekali lagi kita melihat Tuhan berperang bersama dan bagi mereka. Di pihak Tuhan, cara-Nya luar biasa. Sama seperti ketika pada zaman Musa, Tuhan mengeraskan hati Firaun untuk memusnahkannya (Keluaran 7-12), sekarang Ia mengeraskan hati para raja musuh agar mereka pun dimusnahkan (20). Di pihak umat Israel dan Yosua, mereka harus taat penuh kepada rencana-Nya.

Kunci kemenangan iman umat Israel dan Yosua sekali lagi bukan karena kehebatan pasukan mereka. Kemenangan itu dimulai dari kese-diaan untuk taat kepada Allah dan bersedia berjalan bersama dengan Tuhan dalam rencana agung-Nya bagi Israel. Hal yang sama tetap berlaku dalam kehidupan kita masa kini. Bersediakah kita untuk taat dan berjuang bersama Tuhan mengalahkan setiap tantangan kehidupan ini?

STUDI PRIBADI: (1) Apakah musuh terbesar kehidupan kita selama di dunia? (2) Pelajaran rohani apa yang dapat kita lihat dan temukan di dalam kehidupan Yosua?
DOAKAN BERSAMA: Berdoalah agar jemaat Tuhan mau taat dan setia beribadah hanya kepada Tuhan, sehingga jemaat Tuhan dapat mengalami kemenangan demi keme-nangan setiap hari.

Share Button