Bacaan hari ini: Hakim-Hakim 14:1-20
“Tetapi ayahnya dan ibunya tidak tahu bahwa hal itu dari pada TUHAN asalnya …” (Hakim-Hakim 14:4)

Ada kalanya hidup berjalan tidak seperti yang kita harapkan; bahkan itu terjadi di luar kebiasaan hidup kita. Pada umumnya, ketika hal ini terjadi, mungkin kita menyebut: “kok aneh ya?” atau “ini mungkin kebetulan aja!?” “Mengapa ini bisa terjadi?” Apapun yang menjadi respons kita terhadapnya, kita tidak dapat menyangkalinya; seolah-olah ada sesuatu di luar diri kita yang sedang memiliki maksud tertentu di balik peristiwa yang kita hadapi.

Demikianlah dengan keinginan Simson menikahi gadis dari bangsa Filistin. Keinginan itu bukan keinginan yang biasa pada masa itu. Bukanlah sebuah tradisi bangsa Israel, jika seorang laki-laki Israel mengambil istri dari bangsa lain, yang tidak bersunat. Itulah sebabnya orang tua Simson, dengan bahasa diplomatis mengatakan: “Tidak adakah di antara anak-anak perempuan sanak-saudaramu atau di antara seluruh bangsa kita seorang perempuan, sehingga engkau pergi mengambil istri dari orang Filistin, orang-orang yang tidak bersunat itu?” (ay. 3). Namun penulis Kitab Hakim-Hakim bersegera memberitahu kepada kita, bahwa apa yang diinginkan Simson terhubung dengan maksud Tuhan untuk menghakimi bangsa Filistin (ay. 4). Simson dengan sadar berkehendak menikahi gadis dari bangsa Filistin, tetapi Tuhanlah yang merancang dan menyatakan kehendak-Nya atas Simson maupun bangsa Filistin. Penghakiman dan penghukuman Tuhan telah dinyatakan kepada bangsa Filistin melalui Simson dan teka-tekinya (ay. 10-20).

Dari kisah Simson ini kita belajar, bahwa Tuhanlah yang memegang kendali atas hidup maupun sejarah umat manusia. Tak satupun peristiwa yang lepas dari maksud dan rencana Tuhan atas umat-Nya maupun rencana-Nya atas dunia pada umumnya. Karena itu, marilah kita tidak takut dan gentar atas apa yang terjadi dalam hidup kita; sebab Dia Tuhan yang kita sembah adalah Tuhan yang berdaulat atas ciptaan-Nya. Sebaliknya, marilah kita hidup takut akan Tuhan dan mengerjakan firman-Nya. Kiranya Tuhan dipermuliakan atas hidup kita.

STUDI PRIBADI: (1) Apakah tiap peristiwa yang terjadi dalam hidup kita memiliki maksud? Bagaimana pendapat Anda? (2) Apa yang terjadi di balik pernikahan Simson?
DOAKAN BERSAMA: Berdoalah bagi jemaat Tuhan agar mereka semakin bertumbuh mengenal Tuhan dan menyerahkan segala sesuatu dalam hidup mereka kepada Tuhan yang menjadi sumber perteduhan mereka.

Share Button