Bacaan hari ini: Mazmur 107
“Bersyukurlah kepada TUHAN, sebab Ia baik! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya. Siapa yang mempunyai hikmat? Biarlah ia berpegang pada semuanya ini, dan memperhatikan segala kemurahan TUHAN.” (Mazmur 107:1, 43)

Pemazmur mengajak umat tebusan untuk bersama-sama bersyukur kepada Tuhan, karena Allah telah menebus umat-Nya dari kematian. Ayat 4-9, ini dialami keluarga Abraham pada waktu mereka baru menetap di Kanaan. Ayat 10-16, ini berkisah tentang bangsa Israel dalam perbudakan di Mesir, dan Tuhan menolong mereka. Ayat 17-22, berkisah pengalaman hidup bangsa Israel 40 tahun di padang gurun, bagaimana mereka belajar tentang Tuhan, mereka berontak kepada Tuhan sehingga kena pelbagai macam tulah penyakit dan kesulitan, namun pada akhirnya Tuhan tetap meyembuhkan mereka, mereka mulai belajar untuk beribadah kepada Tuhan. Ayat 23-32, mengingatkan kita pada peristiwa Yunus yang sedang melarikan diri dari panggilan Tuhan, dan kena musibah di kapal karena gelombang besar, akhirnya Tuhan menolong mereka, angin reda, kapal dan penumpang selamat. Ayat 33-38, kita melihat Tuhan memberkati bangsa Israel pada waktu mereka taat kepada Tuhan, Tuhan memberkati mereka berlimpah dengan hasil panen yang baik dari negeri Kanaan. Namun keadaan kejayaan tidak bertahan lama, ayat 39-42, mengingatkan bahwa pada waktu bangsa Israel durhaka terhadap Tuhan, maka mereka menjadi jajahan bangsa asing dan hidup sangat terhina. Asal mereka mau bertobat, Tuhan pasti akan menolong mereka.

Dalam Perjanjian Baru, Tuhan Yesus juga melakukan banyak mukjizat untuk menolong orang Yahudi, agar mereka dapat percaya dan mengenal-Nya sebagai Tuhan mereka, yaitu dari peristiwa memberi mereka makan, menyembuhkan orang sakit, meredakan angin ribut, dan sebagainya. Demikian dengan kita orang percaya hari ini, saya percaya, kita pun telah mengalami banyak sekali perbuatan Tuhan yang ajaib dalam kehidupan kita, yang menolong kita yang menyelamatkan kita.

Oleh sebab itu, pemazmur mengajak kita di ayat 43 untuk merenung segala macam peristiwa tersebut, sehingga kita mau sadar dan mau bersungguh-sungguh hanya percaya kepada Tuhan, Amin.

STUDI PRIBADI: (1) Sebutkan beberapa peristiwa yang Anda alami sebagaimana disebutkan dalam Mazmur 107! (2) Sekarang, apa yang menjadi kerinduan Anda terhadap Tuhan?
POKOK DOA: Berdoalah bagi setiap pemimpin gereja agar hidup mereka dapat menjadi kesaksian di tengah-tengah dunia ini. Doakanlah pekerjaan, keluarga dan pelayanannya agar menjadi berkat.

Share Button