Bacaan hari ini: Ulangan 23:21-23
“Apabila engkau bernazar kepada TUHAN, Allahmu, janganlah engkau menunda-nunda memenuhinya, sebab tentulah TUHAN, Allahmu, akan menuntutnya dari padamu, sehingga hal itu menjadi dosa bagimu.” (Ulangan 23: 21)

Bernazar adalah sesuatu yang sangat serius di hadapan Allah. Itulah sebabnya jikalau umat-Nya bernazar, Allah menuntut agar mereka memenuhinya. Ketidaksungguhan/berbohong tidak memiliki tempat di kalangan umat Allah. Apa yang harus dilakukan jika seseorang bernazar menurut nas di atas? Jangan menunda-nundanya untuk memenuhinya.

“Apabila engkau bernazar kepada TUHAN, Allahmu, jangan engkau menunda-nunda memenuhinya, sebab tentulah TUHAN, Allahmu, akan menuntutnya dari padamu, sehingga hal itu menjadi dosa bagimu” (ayat 2). Ada pepatah: “janji adalah hutang”, itulah sebabnya jika seseorang telah mengikrarkan janjinya maka janjinya harus ditepati, apalagi nazar kepada Allah. Adalah berdosa jika kita sudah bernazar, tetapi tidak menepatinya. Untuk itu, penuhilah segera nazar Anda kepada Tuhan agar berkat Anda tidak terhalang.

Menepatinya dengan setia. Firman-Nya, “Apa yang keluar dari bibirmu harus kaulakukan dengan setia, sebab dengan sukarela kaunazarkan kepada TUHAN, Allahmu, sesuatu yang kaukatakan dengan mulutmu sendiri” (ayat 23). Satu ungkapan berkata; “mulutmu adalah harimaumu”, apa yang kita keluarkan dari mulut harus berani kita pertanggungjawabkan. Oleh karena itu, sebelum mengeluarkan perkataan, kita harus mengkajinya dengan seksama sehingga ketika dituntut pertanggungjawaban, kita dapat melaksanakannya. Janganlah dijerat oleh nazar Anda sendiri karena Anda tidak memikirkannya secara serius.

Apapun yang kita nazarkan kepada Tuhan haruslah sesuatu yang kita mampu untuk memenuhinya. Itulah sebabnya janganlah asal bernazar supaya hal itu tidak menjadi jerat bagi Anda. Dan jangan juga menjadikan nazar sebagai ajang untuk main-main sebab Tuhan akan menuntutnya dari Anda. Sebagaimana Allah setia kepada janji-Nya, maka kita juga dituntut untuk setia dalam menepati janji kita kepada Allah. Oleh karena itu, jika ingin diberkati oleh Allah, tepatilah nazar atau janji Anda kepada Tuhan. Jangan menunda dan lakukanlah dengan setia!

STUDI PRIBADI: (1) Mengapa sebuah nazar sangat dipandang serius di mata Tuhan? (2) Mengapa orang Kristen tidak boleh sembarangan bernazar?
DOAKAN BERSAMA: Berdoalah untuk setiap jemaat Tuhan agar setiap jemaat Tuhan dapat mengandalkan Tuhan di dalam setiap pergumulan hidup mereka dan hidup setia dalam iman di hadapan-Nya.

Share Button