Bacaan hari ini: 1 Raja-Raja 13
“… atas perintah TUHAN seorang malaikat telah berkata kepadaku: Bawa dia pulang bersama-sama engkau ke rumahmu … Tetapi ia berbohong kepadanya.” (1 Raja-Raja 13:18)

Dalam bacaan Alkitab hari ini, kita melihat sebuah kisah yang tragis mengenai seorang Abdi Allah. Tidak diketahui siapa namanya, tetapi kita dapat melihat bahwa pada awalnya Abdi Allah ini melayani Tuhan dengan sangat baik. Dia diberikan perintah oleh Tuhan untuk menyampaikan berita penghukuman kepada Raja Yerobeam. Dan Tuhan memberikan sebuah peringatan kepada Abdi Allah ini supaya jangan dia makan roti atau minum air dan jangan kembali melalui jalan yang telah dia tempuh itu.

Namun apa mau dikata, dalam perjalanan pulang, Abdi Allah ini didatangi oleh seorang nabi tua dari Betel. Nabi ini mengajak Abdi Allah ini untuk makan dan minum di rumahnya. Awalnya, Abdi Allah ini menolaknya dan mengingatkan bahwa Tuhan telah berfirman kepadanya supaya jangan makan roti atau minum air, dan jangan kembali melalui jalan yang telah dia tempuh itu. Namun nabi tua itu menipu Abdi Allah ini. Nabi tua itu berkata kepada Abdi Allah itu: “Aku pun seorang nabi juga seperti engkau, dan atas perintah TUHAN seorang malaikat telah berkata kepadaku: Bawa dia pulang bersama-sama engkau ke rumahmu, supaya ia makan roti dan minum air.” Tetapi ia berbohong kepadanya.

Akibat dari tindakan penipuan ini, Abdi Allah tersebut mengalami hukuman. Firman Allah datang kepada Abdi Allah itu: “Beginilah firman TUHAN: Karena engkau telah memberontak terhadap titah TUHAN dan tidak berpegang pada segala perintah yang diperintahkan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu, tetapi kembali dan makan roti dan minum air di tempat ini walaupun Ia telah berfirman kepadamu: Jangan makan roti atau minum air, — maka mayatmu tidak akan masuk ke dalam kubur nenek moyangmu.”

Dari bacaan ini kita belajar, waspada terhadap orang yang berkata “atas nama Allah.” Terkadang ada banyak orang yang memanipulasi firman Allah. Orang tersebut berbicara atas nama Tuhan, padahal apa yang disampaikannya bukanlah firman Allah, melainkan karangannya sendiri. Jangan biarkan diri Anda terjebak dalam manipulasi rohani!

STUDI PRIBADI: (1) Mengapa Abdi Allah itu dapat tertipu dan mengikuti perkataan nabi tua tersebut? (2) Pelajaran apa yang Anda dapat aplikasikan dari renungan ini?
DOAKAN BERSAMA: Berdoalah bagi jemaat agar waspada dan peka terhadap tindakan-tindakan yang memakai nama Tuhan, tapi yang sesungguhnya itu adalah sebuah manipulasi rohani. Doakan agar mereka berani berkata tidak untuk hal itu.

Share Button