“Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.” (2 Korintus 5:17)

Tulisan Rasul Paulus kepada Jemaat Korintus hendak menegaskan bahwa perubahan yang paling mendasar adalah perubahan dari dalam (hati) yang kemudian diwujudkan dalam perilaku dalam setiap aspek kehidupan. Pada umumnya, orang percaya merasa “puas diri” dengan hanya memahami dan mengalami perubahan yang dari dalam melalui iman kepada Tuhan Yesus Kristus. Tetapi mereka menjalani kehidupan tidak seperti yang dikehendaki oleh Tuhan Yesus Kristus yang mereka imani. Oleh sebab itu, bagian dari surat ini Rasul Paulus menegaskan kembali supaya jemaat korintus tidak merasa puas diri, melainkan terus mengerjakan keselamatan yang telah dianugerahkan dalam kehidupan mereka.

Dengan demikian menjadi ciptaan baru merupakan sebuah perubahan (transformasi) secara total yang dimulai dari iman kepada Kristus sebagai Juruselamat dan Tuhan secara pribadi, serta menghidupi iman percaya itu dengan mewujudkan dalam perilaku yang sesuai sebagai orang yang percaya kepada Kristus. Dan untuk mewujudkannya itu perlu usaha-usaha yang intensional (disengaja) dan perlu hidup dengan komunitas yang baik dan benar. Sama seperti bara yang panas tidak dapat terus menyala di luar perapian.

Menjalani proses transformasi perilaku selalu meliputi dua hal yang perlu terus diusahakan dan disengaja dalam kehidupan kita. Pertama, Hidup dengan sebuah tujuan, yaitu merindukan sebuah kehidupan yang semakin serupa Kristus. Saat seorang hidup semakin serupa Kristus maka ia akan melihat seperti Kristus melihat, berpikir seperti Kristus berpikir dan dengan demikian ia akan berbuat seperti Kristus perbuat. Kedua, Hidup yang diwarnai dengan disiplin rohani yang dikerjakan dengan penuh kesetiaan. Baik itu dalam hal kehidupan doanya, saat teduh membaca Firman, bersaksi tentang Injil Kristus, yang dikerjakan secara terus menerus baik secara pribadi maupun dalam komunitas. Perubahan yang sederhana dalam melakukan disiplin rohani merupakan langkah awal yang sangat penting untuk nantinya akan melakukan perkara-perkara yang besar seperti yang di kehendaki oleh Allah di dalam Kristus Yesus.

Hari ini, ketika kita telah menerima Kristus dan menjadi ciptaan yang baru, apakah kita juga terus menerus merindukan sebuah kehidupan yang serupa dengan Kristus dan hidup dalam disiplin rohani yang baik dan teratur sebagai anak-anak Tuhan di dalam dunia ini. Tuhan memberkati kita dan menolong kita untuk selalu mengalami perubahan hidup (transformasi perilaku dalam hidup kita). *

Share Button