Bacaan hari ini: 1 Tawarikh 20
“Ya, TUHAN, bukit batuku, kubu pertahananku dan penyelamatku, Allahku, gunung batuku, tempat aku berlindung…” (2 Samuel 22:2-3a)

Bangsa Amon adalah salah satu bangsa yang memusuhi bangsa Israel, karena bangsa Amon mendiami daerah perbatasan bagian Timur dari daerah penaklukan Daud. Bangsa Amon menjadi bangsa yang begitu kuat pada zaman hakim-hakim, zaman sebelum Saul bahkan sampai kepada Daud menjadi raja. Dengan kekuatannya, Hanun berani membalas maksud baik Daud bahkan mempermalukan Daud (pasal 19).

Pasal 20:1-3 mencatat akhir dari bangsa Amon, bangsa yang kuat itu. Yoab memusnahkan bangsa Amon, beserta dengan ibu kotanya, Raba. Seluruh daerah bangsa Amon dihancurkan dan diruntuhkan tentara Israel. Kekalahan telak atas bangsa Amon ditandai dengan diambilnya mahkota raja Amon. Mahkota, lambang kekuasaan seorang raja atas daerah kekuasan, diserahkan kepada Daud. Hal ini melambangkan takluknya raja Amon dan seluruh rakyat Amon kepada Daud, raja Israel. Bahkan Daud memperoleh kekayaan tambahan berupa jarahan dari kota bani Amon.

Bagian berikutnya mencatat bahwa bangsa Filistin pun ditaklukkan oleh bangsa Israel. Bangsa Filistin merupakan bangsa yang juga kuat di zaman hakim-hakim. Selain itu, bangsa Filistin memiliki pahlawan yang gagah perkasa serta berbadan raksasa. Seluruh bangsa Filistin termasuk orang-orang keturunan raksasa, mati di tangan Daud dan orang-orangnya. Dua bangsa yang kuat takluk kepada bangsa Israel, saat Daud menjadi raja. Sebuah kemenangan besar bagi bangsa Israel. Kemenangan yang diperoleh karena Daud, raja Israel, adalah raja yang mengandalkan Tuhan. Hal ini disampaikan oleh Daud di Kitab 2 Samuel 22, setelah 2 Samuel 21 mencatat kemenangan Daud atas Filistin.

Sebagai umat Tuhan, kita pun rindu mengalami kemenangan demi kemenangan dalam hidup ini. Saat kita mengandalkan Tuhan sebagai pelindung dan penyelamat kita, kemenangan yang dari Tuhan akan kita alami. Kemenangan dari Tuhan bisa berupa pengakuan dari orang-orang sekitar kita bahwa Allah kita adalah Tuhan yang hidup, yang berkuasa dan berdaulat senantiasa atas hidup ini.

STUDI PRIBADI: (1) Apa yang menjadi kunci kemenangan Daud atas bangsa Amon dan Filistin? (2) Kepada siapa Saudara berharap memperoleh kemenangan dalam hidup ini?
DOAKAN BERSAMA: Berdoalah agar umat Tuhan dimampukan untuk hidup berkemenangan dalam pimpinan Tuhan Yesus Kristus, sehingga menjadi kesaksian yang hidup bagi orang-orang di sekelilingnya.

Share Button