Teladan Doa Tuhan Yesus (3)

Posted by Perspektif — Juli 2012
Jul
20

Bacaan hari ini: Lukas 9:18-21

“Pada suatu kali ketika Yesus berdoa seorang diri …” (Lukas 9:18)

Tinggal bersama, makan bersama, tidur bersama, bekerja bersama, tidak menjamin bahwa semua hal itu akan membuat kita mengenal satu sama lain. Hal inilah yang terjadi di dalam kehidupan Tuhan Yesus dengan para murid-Nya. Ke manapun Tuhan Yesus pergi, ke sana pulalah para murid berangkat.

Menghadapi kondisi yang semacam inilah, maka Tuhan Yesus berdoa kepada Bapa-Nya. Lukas memang tidak mencatat dengan jelas apa isi doa Tuhan Yesus pada waktu itu. Tetapi membaca kondisi yang ada saat itu, besar kemungkinan Tuhan Yesus berdoa bagi murid-murid-Nya. Berdoa untuk apa? Berdoa supaya mereka boleh mengenal Dia dengan tepat dan benar. Karena itu, setelah selesai berdoa Tuhan langsung mengajukan pertanyaan, “Siapakah Aku ini?” Jawaban Petrus tidak mengindikasikan bahwa Petrus benar-benar mengenal siapa Yesus itu. Karena itu, Tuhan Yesus perlu memberikan penjelasan tambahan mengenai Mesias seperti apakah Dia itu.

Yang menarik, Tuhan Yesus melanjutkan penjelasan tentang diri-Nya dengan sebuah ajaran mengenai cara mengikut Dia. Dengan demikian, bagi Tuhan Yesus pengenalan akan diri-Nya haruslah dibuktikan dengan sebuah pola kehidupan yang seturut dengan mau-Nya, yaitu menyangkal diri, memikul salib, dan mengikut Tuhan. Untuk hal inilah, Tuhan Yesus berdoa, yaitu supaya setiap murid-Nya dapat mengenal Dia dengan benar dan tepat, sehingga mereka ini kemudian dapat hidup dengan benar dan tepat pula.

Hari ini, apakah yang menjadi isi dari doa-doa kita? Permintaan untuk sehat, permintaan untuk kaya, permintaan untuk sembuh, permintaan untuk hidup lancar, permintaan untuk sukses, permintaan untuk mendapat ini dan itu, dan masih banyak permintaan-permintaan lainnya? Tidak salah jika kita menginginkan semua itu. Tetapi sudahkah yang paling utama dan pertama kita minta, yaitu supaya kita boleh lebih mengenal Dia dengan benar, sehingga kita dapat hidup bagi Dia dengan benar pula?

STUDI PRIBADI: Apa yang Tuhan Yesus harapkan dari doa-Nya bagi para murid? Pernahkah Anda berdoa agar Anda semakin mengenal Tuhan? Sebutkan alasannya!
DOAKAN BERSAMA: Berdoalah bagi diri kita, agar kita memohon Tuhan untuk lebih lagi mengajar kita tentang siapa Dia sesungguhnya, supaya seluruh hidup kita dapat lebih menyatakan kemuliaan-Nya.

© Perspektif — Do not face the day until you have faced God

google search…

Ingin menerima renungan Perspektif melalui e-mail? Daftarkan alamat e-mail Anda di sini:

Delivered by FeedBurner