Peringatan Tuhan

Posted by Perspektif — Februari 2012
Feb
20

Bacaan hari ini: Yunus 1:3-7

“Mereka membuang undi dan Yunuslah yang kena undi…” (Yunus 1:7)

Kita tahu bahwa kasih setia Tuhan adalah untuk selama-lamanya. Namun demikian, Tuhan tidak segan untuk mendisiplin anak-Nya yang tidak menaati kehendak-Nya. Disiplin dilakukan bukan untuk membinasakan orang yang dikasihi-Nya, tetapi mendidiknya agar memiliki perspektif hidup yang benar tentang panggilan yang Tuhan berikan pada-Nya. Demikianlah yang Tuhan kerjakan terhadap Yunus.

Pertama, peringatan Tuhan atas Yunus. Dalam tradisi pelayaran saat itu adalah, kapal akan berlayar ketika cuaca baik. Sebaliknya, kapal dapat saja mengalami penundaan, jika cuaca dianggap tidak baik. Ketika Yunus akan melarikan diri ke Tarsis, cuaca pada saat itu adalah baik untuk berlayar, sehingga kapal dengan tujuan ke Tarsis tersebut berangkat saat itu juga. Namun di tengah perjalanan, kapal itu dihantam badai besar dan diombang-ambingkan angin. Sehingga, seluruh awak kapal berseru-seru pada allah mereka karena besarnya badai itu. Namun Yusus justru didapati tertidur. Ini adalah ironi dari sikap Yunus; sementara orang lain ketakutan, ia tidak peduli dan hanya memperhatikan diri sendiri. Ironi lain adalah, ia tidak memikirkan bahwa peristiwa tersebut adalah peringatan dari Tuhan untuk dirinya. Setelah kena undi, barulah Yunus sadar bahwa semua peristiwa tersebut adalah untuk dirinya. Apa yang terjadi pada Yunus ini, mungkin saja dapat kita alami dalam kehidupan kita, tetapi kita yang tidak pernah memandangnya dengan serius, karena kita beranggapan bahwa peristiwa itu tidak ada hubungannya dengan kita. Adalah bijak, jika kita sejak dini mengerti peringatan-Nya; sehingga jangan sampai, “setelah kena undi”, kita baru berjanji kepada Tuhan untuk melayani Dia.

Kedua, peringatan Tuhan diberikan karena kebesaran kasih-Nya. Kita sadar bahwa Tuhan bisa saja bekerja sendiri—,tanpa ketikutsertaan dari Yunus, untuk membuat Niniwe bertobat. Namun Ia tidak melakukannya. Ia mau Yunus terlibat dalam karya-Nya. Maka, peringatan Tuhan itu adalah kebesaran kasih-Nya, agar kita mau melayani dan terlibat dalam karya-Nya yang besar.

STUDI PRIBADI: Apa alasan Allah memberikan peringatan kepada Yunus? Apakah arti peringatan Allah tersebut bagi kita?
DOAKAN BERSAMA: Berdoalah bagi setiap orang Kristen agar mereka mengerti segala kebaikan Tuhan yang menginginkan mereka terlibat dalam karya keselamatan-Nya, melalui pemberitaan Injil-Nya.

© Perspektif — Do not face the day until you have faced God

February 2012
S M T W T F S
« Jan   Mar »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
26272829  

google search…

Ingin menerima renungan Perspektif melalui e-mail? Daftarkan alamat e-mail Anda di sini:

Delivered by FeedBurner