Roh Kudus Dalam Hidup Orang Percaya

Bacaan hari ini: Roma 8:26-28 (lanjutan)

“Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.” (Roma 8:28)

Hidup orang percaya tidak selamanya berjalan lancar. Terkadang ada hal-hal buruk yang terjadi dalam hidup; kegagalan, sakit-penyakit, kehilangan, kesusahan dan lain sebagainya. Namun, ketika orang percaya menghadapi semua itu, ia tidaklah sendirian. Ada Roh Kudus yang akan selalu menyertainya. Roh Kudus akan menguatkan dan memberikan penghiburan kepada orang percaya ketika menghadapi kesulitan. Bahkan, ketika seseorang melakukan kesalahan atau dosa, Roh Kudus secara aktif menegurnya. Karena pekerjaan Roh Kudus lah, seseorang dapat bertobat, berdoa dan minta pengampunan serta kekuatan dari Tuhan. Roh Kudus juga yang akan memampukan orang percaya memperbaharui hidupnya. Ketika kita melihat suatu peristiwa dari perspektif Tuhan, kita dapat melihat bahwa hal itu adalah baik adanya.

Namun, hal ini hanya berlaku bagi orang-orang tertentu. Frasa “bagi mereka yang mengasihi Dia” dalam bahasa aslinya, mendapat penekanan khusus. Artinya adalah, Allah hanya bekerja untuk mendatangkan kebaikan hanya bagi orang-orang yang percaya pada Yesus Kristus saja. Jadi, janji penyertaan Allah ini hanya berlaku bagi setiap orang percaya.

Ada Roh yang menyertai dan membantu orang percaya ketika sedang menjalani hidup dalam dunia ini. Tapi ini bukan berarti bahwa penderitaan, kegagalan, kesalahan dan dosa manusia “dirancang” oleh Tuhan. Kita perlu dan harus tahu bahwa, ada kehendak bebas manusia, yang seringkali lebih memilih melakukan apa yang tidak sesuai dengan kehendak Tuhan, daripada memilih untuk taat kepada Tuhan. Apabila orang percaya telah memahami kehendak Allah dengan baik, ia akan hidup dalam pengharapan pada-Nya. Walaupun kita sedang mengalami kesulitan, kelemahan, penderitaan dan kegagalan, kita harus ingat bahwa Tuhan sanggup mengubah kesulitan itu untuk mendatangkan kebaikan bagi setiap orang percaya, untuk kemuliaan Tuhan. Karena itu, tetaplah berharap dan berdoa kepada Tuhan, sebab apa yang Tuhan izinkan terjadi dalam hidup kita akan membentuk kita sehingga kita dapat mengenal kebesaran-Nya.

STUDI PRIBADI: Apa yang harus orang percaya lakukan ketika menghadapi penderitaan? Mengapa Roh Kudus secara aktif bekerja dalam kehidupan orang percaya?

DOAKAN BERSAMA: Berdoa bagi orang percaya yang saat ini sedang mengalami kegagalan, baik dalam pendidikan, pekerjaan, rumah tangga, atau hal lainnya; agar mereka tetap setia berdoa, berharap dan bergantung penuh hanya kepada Tuhan.