Kamis, 20 November 2008
Kerjakan Keselamatan

Ayat Bacaan: Filipi 2:12-18
“Karena itu tetaplah kerjakan keselamatanmu dengan takut dan gentar.” (Filipi 2:12)

      Jika kita mengaku sebagai orang Kristen, orang Kristen seperti apakah kita? Jika kita mengaku sebagai jemaat gereja Tuhan, jemaat seperti apakah kita ini? Jika kita adalah seorang pelayan Tuhan, pelayan seperti apakah kita? Pertanyaan ini penting dan perlu kita simak dengan seksama. Selama ini, apa yang telah kita kerjakan buat Tuhan? Apakah kita lebih baik daripada jemaat di Filipi? Jika tidak, maka nasihat Paulus akan lebih keras menegur kita daripada mereka.
      Jemaat Filipi sebenarnya melakukan banyak hal yang menghibur hati Paulus, tapi, sebagian jemaat telah kehilangan fokus dalam pelayanan mereka. Mereka masing-masing mencari kepentingan diri, urusan pribadi, kemuliaan pribadi. Mereka lupa akan tugas yang harus dikerjakan, yaitu keselamatan yang Tuhan anugerahkan dengan cuma-cuma. Karena itu, Paulus menghendaki agar mereka tetap aktif mengerjakan keselamatan Tuhan dengan takut dan gentar. Keselamatan yang Tuhan berikan tidak boleh disia-siakan atau diabaikan oleh si penerimanya, karena ia harus mempertanggungjawabkan keselamatannya di hadapan Tuhan, tanpa kecuali. Bagaimana dengan kita? Apakah selama ini kita telah menganggap remeh pekerjaan keselamatan Tuhan? Mari kita mengerjakan keselamatan Tuhan dengan sikap takut dan gentar.
      Paulus juga menghendaki jemaat Filipi mengerjakan keselamatan mereka dengan konsisten. Dalam kondisi apa pun, baik atau tidak, kapan dan di mana saja, mengerjakan keselamatan selalu mendapat porsi yang cukup dan layak untuk dilakukan; tidak boleh ditunda atau berubah-rubah, harus dikerjakan dengan serius dan sungguh-sungguh. Karena itu, Paulus berkata, “tetaplah kerjakan keselamatanmu” agar kita tidak kendor atau undur dalam tugas panggilan kita. Bagaimana kita memulainya, harus kita pertahankan atau kerjakan terus dalam segala keadaan, sampai kita berjumpa dengan Tuhan.

Kerjakan keselamatan yang dari Allah sebagai bagian dari tanggung jawab kita sebagai anak-anak-Nya.
DOAKAN BERSAMA: Marilah kita berdoa bagi setiap orang Kristen agar Tuhan menolong mereka, sehingga mereka tetap mempertahankan iman walaupun harus menghadapi ancaman dan penderitaan karenanya.


Renungan sebelumnya    |    Renungan selanjutnya    |    Index


Copyright © 2005-2014 GKA Gloria
 

PERSPEKTIF hari ini
Hubungi Kami